BUSSINESS PLAN
CLOTHING BLACK OF
LIGHT
Nama Usaha :
CLOTHING BLACK OF LIGHT
Alamat : PondokKelapa RT013/RW02, Pd.Klp.DurenSawit,
Kota Jakarta Timur, Daerah
KhususIbukota
No.Telp : 081295967218
Motto Usaha : Terpercaya, Cepatdan Murah
Pengajuan
Proposal Oleh :
Alaika
Robby Fakhrony (20218427)
Muhammad
Rizal Widitama (24218909)
PetrusArionSahatMangapul
(25218554)
1EB16
FAKULTAS
EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2018/2019
Dahulu design lama kami hanya menggunakan gambar
di bagian depan saja dengan menggunakan tulisan seperti gambar diatas
Ø Seiring berjalanya waktu, kami membuat produk baru kami
dengan menambahkan design gambar dibagian belakang. Karena design seperti ini
menjadi incaran anak muda zaman sekarang. Seperti gambar diatas.
PENDAHULUAN
1.1
SejarahnyaBerdirinya Usaha
ClothingBlack Of Light adalah sebuah industri kreatif
yang bergerak dibidang usaha pembuatan dan pendistribusian pakaian jadi. Black Of
Light Clothing mulai dirintis sejak tahun 2018. Namun rata-rata untuk nama brand
clothing lebih banyak beraroma pop, jadi nama Black Of Light dipilih agar
terdengar berbeda dan lebih gahar.
Perjalanan bisnis tokoClothing kami berawal dari hobi dan kesenangan seorang Priadi Jl,PondokKelapa.Duren Sawit, Jakarta Timur. Sejak berusia 18 tahun hingga sekarang.kami ketika itu sedang senang
– senangnya untuk berlama – lama di depan layar computer yang
menjadi salah satu aktivitasnya sehari – hari,
dan untuk melihat pakaian pria seperti kaos. Sejak saat itu pada waktu tertentu kami
akan memesan kaos memesan secara online. Dan hobi tersebu tberlangsung hingga sekarang.
Terbersit dipikiran
kami untuk memiliki sebuah usaha online yang seperti di web – web yang
sering dikunjungi kami dan kami melihat langsung ke tempat toko yang sudah ada.Namun,
karena kami sudah kuliah dan tidak cukup waktu banyak harus menjaga toko kami
menitipkan kepada karyawan yang menjaga dan suatu saat kami
datang untuk cek kondisi toko, dan kami ingin membuka toko Clothing secara online atau menggunakan
media sosial supaya memudahkan bagi para konsumen membeli produk kami
tanpa dateng ke toko.
Sejak itulah toko
Clothing Black Of Light secara online telah dibuka dengan beberapa tahap yang
ditempuh. Dengan perlahan tapi pasti toko Clothing mulai berkembang walaupun baru memiliki sedikit
design baju yang kami buat ataupun kami beli secara online.
Namun,
pembelian secara online dan dengan jumlah yang cukup banyak, sebuahToko Clothing akan memberikan harga dengan diskon
yang cukup besar untuk mendapatkan keuntungan lagi dengan kembali menjualnya dengancara
online.
1.2
Visi&Misi Usaha
Visi :
1. Berusaha memberikan yang terbaik dalam usaha clothing
guna memuaskan konsumen,
sehingga clothing kami lebih unggul.
2.Menyediakan kualitas barang/produk
yang unggulan dan bersaing dengan mutu terbaik
3.Memenuhikeinginananakmudadidalamdunia
fashion khususpecinta clothing distro.
Misi : 1. Menghasilkan produk terbaik dan berkualitas,
2. Pantang menyerah
demi kemajuan dan kepuasan konsumen
3.
Memberikan atau menciptakan Lapangan kerja baru
4. Memperoleh keuntungan
yang besardarihasilpenjualan
5. Membuat banyak variasi design
ASPEK PEMASARAN
2.1 GambaranUmumPasar (STP)
Ø
SegmenPasar
Clothing Black Of Light membidik pasar (menengah atas dan menengah bawah) dengan pemberian harga
yang terjangkau dan tidak memberatkan bagi anak-anak muda dan Masyarakat.
Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan
yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami
dan senantiasa kembali ketempat kami.
Karena segmen pasar usaha distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro
,akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat,
maka kemampuan distro untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal
ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang
baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
Ø
Target
Pasar
Target pelanggan Distro ini adalah : anak muda atau abg
yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate.
Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.
Ø
Positioning
o
Membuat produk ini mampu bersaing dengan
brand lainnya
o
Memberikan pelayanan
yang maksimal
o
Membuat desain
yang up-to-date
o
Menggunakan bahan
yang berkualitas
o
Mendesain produk
yang berbeda sehingga mampu menarik minat konsumen
2.2
Permintaan
|
Bulan
|
PerkiraanPermintaan
(DalamSatuan)
|
|
Januari
|
50baju
|
|
Februari
|
57baju
|
|
Maret
|
45baju
|
|
April
|
33baju
|
|
Mei
|
32baju
|
|
Juni
|
35baju
|
|
Juli
|
25baju
|
|
Agustus
|
57baju
|
|
September
|
65baju
|
|
Oktober
|
40baju
|
|
November
|
44baju
|
|
Desember
|
50baju
|
2.3
Pendapatan
|
Bulan
|
PerkiraanPendapatan
(DalamBulan)
|
|
Januari
|
Rp6.500.000
|
|
Februari
|
Rp7.410.000
|
|
Maret
|
Rp5.850.000
|
|
April
|
Rp4.290.000
|
|
Mei
|
Rp4.160.000
|
|
Juni
|
Rp4.550.000
|
|
Juli
|
Rp3.250.000
|
|
Agustus
|
Rp7.410.000
|
|
September
|
Rp8.450.000
|
|
Oktober
|
Rp5.200.000
|
|
November
|
Rp5.700.000
|
|
Desember
|
Rp6.500.000
|
2.4
Modal
|
BiayaTetap
|
Internet
|
Rp350.000
|
|
BukuBesar
|
Rp15.000
|
|
|
Ruko
|
Rp1.500.000
|
|
|
|
Rp1.865.000
|
|
BiayaVariabel
|
Listrik
|
Rp450.000
|
|
Sablon
|
Rp35.000
|
|
|
Kaos
|
Rp50.000
|
|
|
Bensin
|
Rp45.000
|
|
|
|
Rp580.000
|
Modal Awal : Rp1.865.000 + Rp580.000 = Rp2.445.000
2.5
Keuntungan
|
Bulan
|
Keuntungan
|
|
Januari
|
Rp6.500.000 – Rp2.445.000 = Rp4.055.000
|
|
Febuari
|
Rp7.410.000–
Rp 580.000 = Rp6.830.000
|
|
Maret
|
Rp5.850.000 – Rp
580.000 = Rp5.849.420
|
|
April
|
Rp4.290.000 – Rp
580.000 = Rp3.710.000
|
|
Mei
|
Rp4.160.000 – Rp
580.000 = Rp3.580.000
|
|
Juni
|
Rp4.550.000 – Rp
580.000 = Rp3.970.000
|
|
Juli
|
Rp3.250.000 – Rp
580.000 = Rp2.670.000
|
|
Agustus
|
Rp7.410.000 – Rp
580.000 = Rp6.830.000
|
|
September
|
Rp8.450.000 – Rp 580.000 = Rp7.870.000
|
|
Oktober
|
Rp5.200.000
– Rp 580.000 = Rp4.620.000
|
|
November
|
Rp5.700.000– Rp 580.000 = Rp5.120.000
|
|
Desember
|
Rp6.500.000 – Rp
580.000 = Rp5.920.000
|
2.6BauranPemasaran
1. Produk
a.
Variable
produk :
Produk adalah sesuatu yang
dapat ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan perhatian untuk dimiliki, digunakan,
dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan. Suatu produk berupa suatu benda, jasa,
dan keinginan lain untuk melukiskan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan.
Dalam Clothing Black of Light ini lebih menjual baju (t-shirt)
yang dapat digolongkan dalam fashion anak muda karena perkembangan fashion
mengikuti perkembangan zaman dan selalu up-to-date.
b.
Kualitas
Kualitas Clothing yang
kita buat dengan bahan berkualitas dan kami menggunakan bahan cotton combed 30s agar bisa bersaing dengan brand lainnya.
Kualitas produk sangat menjadi utama untuk menjaga kepuasan konsumen dan agar
konsumen mempunyai minat untuk kembali membeli produk clothing Black Of Light.
c.
Desain
Clothing
ini sangat inovasi dalam pembuatan desain.Sangat update
dalam menganalisa segmentasi pasar dengan mengikuti perkembangan zaman atau trend yang
ada di masyarakat dan terus-menerus memberikan pembaharuan terhadap produk dengan desain kekinian.
d.
Fitur
Dalamhalfitur kami
memutuskanuntukmembuat Label yang berupapembungkusproduk yang
berbahankardusdengandiberikanalamat clothing Black Of Light, PondokKelapa
RT013/RW02, Pd.Klp Duren Sawit Jakarta Timur
e.
Namamerk
BLACK
OF LIGHT
f.
Ukuran
Clothing
kitamembuatukuranpadabaju (t-shirt) yaituukuran S, M, L, XL, XXL
2.
Tempat
·
Saluran
Kemudahan dalam berbelanja juga menjadi pertimbangan penting bagi kosumen saat ini.Dimana konsumen mencari tempat belanja
yang terjangkau baik dari segi harga maupun tempat dengan produk berkualitas.Tetapi bagi
kalian yang jauh dari lokasi kami tenangsaja, karena Clothing Black Of Light
menyediakan
·
Lokasi
Clothing
Black Of Light terletak di jalan PondokKelapa RT013/RW02, Pd.Klp Duren Sawit
Jakarta Timur.
·
Persediaan
Kami
menyediakan sekitar 20-30baju/bulan
·
Transportasi
Kami menggunakanJasa Pengiriman Seperti JNE dan J&T (untuk
mengirimkan ke konsumen)
3.
Harga
Ø Daftarharga
Harga baju (t-shirt) Rp130.000
Ø Diskon
Pada saat hari raya, Clothing kami memberikan diskon atau
potongan harga supaya bisa menarik perhatian para konsumen dan diskon tersebut
sebesar 25%.
Ø Potonganharga
Setelah di diskon harga satuan baju menjadi Rp 97.500.
Selain itu Clothing kami memberikan potongan pada saat konsumen membeli 3 pcs
baju akan mendapatkan potongan Rp30.0000
4.
Promosi
v
Publisitas
Clothing
kami membuat periklanan dengan cara menggunakan media sosial
(Instagram,line,whatsApp).
v
Promosi Penjualan
Kami melakukan pemasaran produk kami dengan mengirimkan broadcast
berupa tulisan dan gambar dari produk kami melalui media sosial seperti instagram, line dan whatsapp
v
Penjualanlangsung
Menjual secara langsung ditempat yang sudah direncakan yaitu di daerah
Jl. Pondok Kelapa, Duren Sawit. Jakarta Timur.
Comments
Post a Comment