Skip to main content

BUSSINESS PLAN
CLOTHING BLACK OF LIGHT



Nama Usaha                : CLOTHING BLACK OF LIGHT
Alamat                         : PondokKelapa RT013/RW02, Pd.Klp.DurenSawit,
                                        Kota Jakarta Timur, Daerah KhususIbukota
No.Telp                       : 081295967218
Motto Usaha                : Terpercaya, Cepatdan Murah

Pengajuan Proposal Oleh :

Alaika Robby Fakhrony (20218427)
Muhammad Rizal Widitama (24218909)
PetrusArionSahatMangapul (25218554)

1EB16
FAKULTAS EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018/2019
 

Dahulu design lama kami hanya menggunakan gambar di bagian depan saja dengan menggunakan tulisan seperti gambar diatas


Ø    Seiring berjalanya waktu, kami membuat produk baru kami dengan menambahkan design gambar dibagian belakang. Karena design seperti ini menjadi incaran anak muda zaman sekarang. Seperti gambar diatas. 

PENDAHULUAN

1.1 SejarahnyaBerdirinya Usaha
ClothingBlack Of Light adalah sebuah industri kreatif yang bergerak dibidang usaha pembuatan dan pendistribusian pakaian jadi. Black Of Light Clothing mulai dirintis sejak tahun 2018. Namun rata-rata untuk nama brand clothing lebih banyak beraroma pop, jadi nama Black Of Light dipilih agar terdengar berbeda dan lebih gahar.
Perjalanan bisnis tokoClothing kami berawal dari hobi dan kesenangan seorang Priadi  Jl,PondokKelapa.Duren Sawit, Jakarta Timur. Sejak berusia 18 tahun hingga sekarang.kami ketika itu sedang senang – senangnya untuk berlama – lama di depan layar computer yang menjadi salah satu aktivitasnya sehari – hari, dan untuk melihat pakaian pria seperti kaos. Sejak saat itu pada waktu tertentu kami akan memesan kaos memesan secara online. Dan hobi tersebu tberlangsung hingga sekarang.
Terbersit dipikiran kami untuk memiliki sebuah usaha online yang seperti di web – web yang sering dikunjungi kami dan kami melihat langsung ke tempat toko yang sudah ada.Namun, karena kami sudah kuliah dan tidak cukup waktu banyak harus menjaga toko kami menitipkan kepada karyawan yang menjaga dan suatu saat kami datang untuk cek kondisi toko, dan kami ingin membuka toko Clothing secara online atau menggunakan media sosial supaya memudahkan bagi para konsumen membeli produk  kami  tanpa dateng ke toko.
Sejak itulah toko Clothing Black Of Light secara online telah dibuka dengan beberapa tahap yang ditempuh. Dengan perlahan tapi pasti toko Clothing mulai berkembang walaupun baru memiliki sedikit design baju yang kami buat ataupun kami beli secara online.
Namun, pembelian secara online dan dengan jumlah yang cukup banyak, sebuahToko Clothing akan memberikan harga dengan diskon yang cukup besar untuk mendapatkan keuntungan lagi dengan kembali menjualnya dengancara online.


1.2 Visi&Misi Usaha

      Visi      :
1. Berusaha memberikan yang terbaik dalam usaha clothing guna memuaskan konsumen,  sehingga clothing kami lebih unggul. 
 2.Menyediakan kualitas barang/produk yang unggulan dan bersaing dengan mutu      terbaik 
3.Memenuhikeinginananakmudadidalamdunia fashion khususpecinta clothing distro.

            Misi     :      1. Menghasilkan produk terbaik dan berkualitas,
                      2. Pantang menyerah demi kemajuan dan kepuasan konsumen
                      3. Memberikan atau menciptakan Lapangan kerja baru
                      4. Memperoleh keuntungan yang besardarihasilpenjualan
                      5. Membuat banyak variasi design

ASPEK PEMASARAN

2.1 GambaranUmumPasar (STP)
Ø  SegmenPasar
Clothing Black Of Light membidik pasar (menengah atas dan menengah bawah) dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak memberatkan bagi anak-anak muda dan Masyarakat. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ketempat kami. Karena segmen pasar usaha distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro lainnya.
         Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro ,akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distro untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan  pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Ø  Target Pasar
          Target pelanggan Distro ini adalah : anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.

Ø  Positioning
o   Membuat produk ini mampu bersaing dengan brand lainnya
o   Memberikan pelayanan yang maksimal
o   Membuat desain yang up-to-date
o   Menggunakan bahan yang berkualitas
o   Mendesain produk yang berbeda sehingga mampu menarik minat konsumen


2.2 Permintaan
Bulan
PerkiraanPermintaan
(DalamSatuan)
Januari
50baju
Februari
57baju
Maret
45baju
April
33baju
Mei
32baju
Juni
35baju
Juli
25baju
Agustus
57baju
September
65baju
Oktober
40baju
November
44baju
Desember
50baju

2.3 Pendapatan
Bulan
PerkiraanPendapatan
(DalamBulan)
Januari
Rp6.500.000
Februari
Rp7.410.000
Maret
Rp5.850.000
April
Rp4.290.000
Mei
Rp4.160.000
Juni
Rp4.550.000
Juli
Rp3.250.000
Agustus
Rp7.410.000
September
Rp8.450.000
Oktober
Rp5.200.000
November
Rp5.700.000
Desember
Rp6.500.000


















2.4 Modal


BiayaTetap
Internet
Rp350.000
BukuBesar
Rp15.000
Ruko
Rp1.500.000

Rp1.865.000



BiayaVariabel
Listrik
Rp450.000
Sablon
Rp35.000
Kaos
Rp50.000
Bensin
Rp45.000

Rp580.000

Modal Awal     : Rp1.865.000 + Rp580.000 = Rp2.445.000
2.5 Keuntungan
Bulan
Keuntungan
Januari
Rp6.500.000   – Rp2.445.000 = Rp4.055.000
Febuari
Rp7.410.000– Rp   580.000 = Rp6.830.000
Maret
Rp5.850.000   – Rp   580.000 = Rp5.849.420
April
Rp4.290.000   – Rp   580.000 = Rp3.710.000
Mei
Rp4.160.000   – Rp   580.000 = Rp3.580.000
Juni
Rp4.550.000  – Rp   580.000 = Rp3.970.000
Juli
Rp3.250.000  – Rp   580.000 = Rp2.670.000
Agustus
Rp7.410.000   – Rp   580.000 = Rp6.830.000
September
 Rp8.450.000 – Rp   580.000 = Rp7.870.000
Oktober
 Rp5.200.000   – Rp   580.000 = Rp4.620.000
November
 Rp5.700.000– Rp   580.000 = Rp5.120.000
Desember
Rp6.500.000   – Rp   580.000 = Rp5.920.000


2.6BauranPemasaran
1. Produk

a.       Variable produk :
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan perhatian untuk dimiliki, digunakan, dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan. Suatu produk berupa suatu benda, jasa, dan keinginan lain untuk melukiskan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan.
Dalam Clothing  Black of Light ini lebih menjual baju (t-shirt) yang dapat digolongkan dalam fashion anak muda karena perkembangan fashion mengikuti perkembangan zaman dan selalu up-to-date.

b.      Kualitas
Kualitas Clothing yang kita buat dengan bahan berkualitas dan kami menggunakan bahan cotton combed 30s  agar bisa bersaing dengan brand lainnya. Kualitas produk sangat menjadi utama untuk menjaga kepuasan konsumen dan agar konsumen mempunyai minat untuk kembali membeli produk clothing Black Of Light.

c.       Desain
 Clothing ini sangat inovasi dalam pembuatan desain.Sangat update dalam menganalisa  segmentasi pasar dengan mengikuti perkembangan zaman atau trend yang ada di masyarakat dan terus-menerus memberikan pembaharuan terhadap produk dengan desain kekinian.

d.      Fitur
Dalamhalfitur kami memutuskanuntukmembuat Label yang berupapembungkusproduk yang berbahankardusdengandiberikanalamat clothing Black Of Light, PondokKelapa RT013/RW02, Pd.Klp Duren Sawit Jakarta Timur

e.       Namamerk
BLACK OF LIGHT

f.       Ukuran
                        Clothing kitamembuatukuranpadabaju (t-shirt) yaituukuran S, M, L, XL, XXL

2. Tempat

·         Saluran
Kemudahan dalam berbelanja juga menjadi pertimbangan penting bagi kosumen saat ini.Dimana konsumen mencari tempat belanja yang terjangkau baik dari segi harga maupun tempat dengan produk berkualitas.Tetapi bagi kalian yang jauh dari lokasi kami tenangsaja, karena Clothing Black Of Light menyediakan

·         Lokasi
Clothing Black Of Light terletak di jalan PondokKelapa RT013/RW02, Pd.Klp Duren Sawit Jakarta Timur.

·         Persediaan
Kami menyediakan sekitar 20-30baju/bulan

·         Transportasi
Kami menggunakanJasa Pengiriman Seperti JNE dan J&T (untuk mengirimkan ke konsumen)

3. Harga

Ø  Daftarharga
Harga baju (t-shirt) Rp130.000

Ø  Diskon
Pada saat hari raya, Clothing kami memberikan diskon atau potongan harga supaya bisa menarik perhatian para konsumen dan diskon tersebut sebesar 25%.

Ø  Potonganharga
Setelah di diskon harga satuan baju menjadi Rp 97.500. Selain itu Clothing kami memberikan potongan pada saat konsumen membeli 3 pcs baju akan mendapatkan potongan Rp30.0000 

4. Promosi

v  Publisitas
Clothing kami membuat periklanan dengan cara menggunakan media sosial (Instagram,line,whatsApp).

v  Promosi Penjualan
Kami melakukan pemasaran produk kami dengan mengirimkan broadcast berupa tulisan dan gambar dari  produk kami melalui media sosial seperti instagram, line dan whatsapp

v  Penjualanlangsung
 Menjual secara langsung ditempat yang sudah direncakan yaitu di daerah  Jl. Pondok Kelapa, Duren Sawit. Jakarta Timur.


Comments

Popular posts from this blog

Tulisan 2 - Kasus 2 : Utang Dan Perjanjian Secara Sepihak (Studi Kasus Perjanjian Konsultan PT. Garuda dan PT. Magnus)

Alaika Robby Fakhrony 20218427 - 2EB18 Tulisan 2 - Kasus 2 : Utang Dan Perjanjian Secara Sepihak (Studi Kasus Perjanjian Konsultan PT. Garuda dan PT. Magnus) Aspek Hukum Dalam Ekonomi# MENGANALISA KASUS YANG BERKAITAN DENGAN HUKUM PERDATA Pada tahun 2000, PT. Magnus Indonesia dan PT. Garuda Indonesia menandatangani Perjanjian Konsultan (Consultant Agreement) dengan Nomor: DS/PERJ/DZ-3345/2000. PT. Garuda Indonesia adalah penerima jasa konsultasi dan PT. Magnus Indonesia sebagai penyedia jasa konsultasi sekaligus pelaksana. Dari perjanjian tersebut, seharusnya PT. Garuda melakukan pembayaran kepada PT. Magnus sebesar USD 794,939.00, dengan rincian utang pokok sebesar USD 612,806.00 dan bunga sebesar USD 160,133.00, serta biaya hukum sebesar USD 22,000.00, dengan perhitungan per tanggal 16 November 2005. ( https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-521183/garuda-indonesiadigugat-pailit ) , Namun pihak PT. Garuda melakukan Pengakhiran Perjanjian Konsultan dan Pe...

Program Menghitung Gaji Karyawan menggunakan Visual Basic 6.0

LAPORAN PEMBUATAN APLIKASI HITUNG GAJI KARYAWAN MENGGUNANAKAN VISUAL BASIC 6.0 Nama : Alaika Robby Fakhrony NPM : 20218427 Kelas : 1EB16 UNIVERSITAS GUNADARMA ATA 2018/2019 Soal Visual Basic :      1. Jika pegawai adalah :          a. Golongan 1, maka gaji pokoknya adalah Rp 300.000          b. Golongan 2, maka gaji pokoknya adalah Rp 400.000          c. Golongan 3, maka gaji pokoknya adalah Rp 1.200.000      2. Jika pegawai Lembur, lama Lembur maksimal adalah 20 jam, dengan ketentuan :          a. Golongan 1, maka honor lembur per jam adalah Rp 30.000          b. Golongan 2, maka honor lembur per jam adalah Rp 40.000          c. Golongan 3, honor lembur tidak dihitung      3. Tunjangan pegawai Rp 150.000 untuk semua golongan...